Kamis, 25 November 2010

Scanning Open Port pada Jaringan Menggunakan NMAP command


nmaplogo
Untuk memeriksa port apa saja yang terbuka di jaringan komputer kita bisa menggnakan tool Nmap. Selain bisa melakukan scanning pada jaringan yang ada Nmap juga memungkinkan kita untuk melakukan scanning pada host tertentu saja atau pada single server saja. Selain itu Nmap juga bisa kita gunakan untuk mengetest firewall-rules yang sudah kita buat. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi cara bagaimana cara melakukan scanning untuk mengetahui port apa saja yang terbuka di jaringan lokal atau LAN, sebenarnya saya sudah tahu port apa saja yang terbuka karena pada kesempatan kali ini saya melakukan scanning di Lab. Komputer yang saya kelola tentunya Nmap sudah terinstal terlebih dahulu di box ubuntu server. Bagi anda pengguna Ubuntu anda bisa menginstal Nmap pada system anda dengan perintah sudo apt-get install nmap, atau anda bisa melihat tulisan saya di sini jika anda ingin menginstal nmap melalui source code. Baiklah langsung saya mulai cara menggunakan command Nmap untuk mengetahui port yang terbuka di jaringan. Subnet jaringan di lab komputer saya adalah 192.168.0.0/24, anda bisa mengubahnya sesuai dengan subnet jaringan anda.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Lady Gaga, Salman Khan