Minggu, 28 November 2010

Antivirus Linux

Antivirus Linux
Meskipun sampai saat ini Linux terkenal bebas virus, saya tetap menggunakan software anti virus, tujuan utama saya adalah untuk membersihkan virus pada USB flash disk rekan-rekan saya yang masih menggunakan SO Windows.
Saat ini saya baru berhasil dengan Clamav yang memang ditujukan khusus untuk Unix. Berkali-kali saya coba menginstal anti virus AVG for Linux, selalu terbentur dengan dependensi kompilasi kernel saat instal modul datzuko, karena kernel yang saya gunakan adalah built-in bawaan Fedora Core 6, dan source rpm-nya belum saya temukan (untuk kompilasi langsung dari source kernel pada http://www.kernel.org saya baru mau coba. Hehe…)
Dalam situs resminya (http://www.clamav.net), terdapat beberapa links untuk paket sesuai distro. Clamav yang saya gunakan diambil dari repository fedora (paket extras).
Update database clamav, seminggu sekali saya ambil dari http://www.clamav.net. Nama filenya yaitu main.cvd dan daily.cvd. Oh ya, lokasi update database adalah pada direktori /var/lib/clamav. Gimana cara updatenya? Copykan saja 2 file update tersebut ke direktori update clamav. Dari lokasi download file (jika hanya ada 2 file ya..), jalankan command berikut:
[root@ibm-eko fxekobudi]# cp * /var/lib/clamav
Dan rubah permission kedua file tersebut:
[root@ibm-eko fxekobudi]# chown clamav.clamav /var/lib/clamav/*
Karena saya tidak terbiasa menjalankan scan virus dengan command, maka saya juga mendownload aplikasi GUI untuk clamav (clamtk) yang jalan pada desktop Gnome. Bagi Anda yang menggunakan desktop KDE, ada clamtk khusus untuk KDE (clamtk-kde). Paket clamtk ini saya download dari http://clamtk.sourceforge.net

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Lady Gaga, Salman Khan